Polri Siap Amankan Jakarta jika Dikarantina

    Candra Yuri Nuralam - 30 Maret 2020 15:11 WIB
    Polri Siap Amankan Jakarta jika Dikarantina
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Polisi siap mengamankan Jakarta jika status pencegahan penyebaran virus korona (covid-19) naik menjadi karantina wilayah. Polisi bahkan mengeklaim telah menyiapkan strategi pengamanan simulasi karantina wilayah.

    "Ini semua kita lakukan jika seandainya nanti pemerintah melakukan suatu kegiatan, Polda Metro Jaya sudah siap. Kita memang sudah mempersiapkan apabila nanti akan dilakukan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 30 Maret 2020.

    Argo menilai simulasi penutupan akses ke Jakarta yang dilakukan Polda Metro Jaya sudah tepat. Polisi perlu mengambil ancang-ancang sebelum Pemprov Jakarta benar-benar mengambil opsi karantina wilayah.

    "Tidak ada salahnya mempersiapkan segala sesuatunya di situ," ujar Argo.

    Baca: Ketersediaan Logistik Syarat Utama Sebelum DKI Karantina Wilayah

    Korps Bhayangkara yakin armadanya mumpuni mengamankan Ibu Kota jika pemerintah mengambil opsi tersebut. Keamanan warga akan menjadi prioritas polisi.

    "Pada prinsipnya Polri mendukung penuh kebijakan pemerintah dan kemudian dengan mengacu pada prinsip keselamatan rakyat," ujar Argo.

    Polri mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk penanganan penyebaran virus korona. Polri siap menyediakan kebutuhan apapun yang diminta oleh pemerintah.

    "Jadi polri tetap dukung pemerintah, apapun yang dilakukan pemerintah akan kita siapkan segala sesuatunya terkait kegiatan tersebut, dan polisi siap untuk membantu pemerintah sepenuhnya," ucap Argo.

    Polda Metro Jaya melaksanakan simulasi penutupan akses masuk dan keluar DKI Jakarta. Langkah itu dilakukan untuk mempersiapkan bila karantina wilayah diterapkan.

    Karantina wilayah Jakarta belum diberlakukan. Pencegahan penyebaran pandemi virus korona masih sebatas jaga jarak sosial (social distancing).



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id