Sertifikat Pranikah Bukan Hal baru

    Ilham Pratama Putra - 19 November 2019 13:48 WIB
    Sertifikat Pranikah Bukan Hal baru
    Ilustrasi pernikahan. Foto: paxels.
    Jakarta: Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama (Kemenag) Ali Rokhmad mengatakan sertifikat pranikah serupa program Bimbingan Perkawinan (Binwin). Program itu memberikan pengetahuan pada calon pasangan suami istri membina rumah tangga. 

    "Menurut saya di Kemenag bukan hal baru. Selama ini sudah ada Binwin, ya bimbingan perkawinan dan itu sudah dilakukan," kata Ali kepada Medcom.id, Selasa, 19 November 2019.

    Dia mengatakan setiap pasangan yang akan menikah akan melalui Binwin. Pasangan diberikan arahan berdasarkan modul dari fasilitator Binwin di setiap kecamatan.

    "Itu (Binwin) diberikan ke calon pengantin sebelum dia di catatkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Dilakukan pembinaan perkawinan, bagaimana membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah; bagaimana reproduksi; membina keluarga," jelas Ali.

    Ali menuturkan Binwin dan sertifikasi pranikah memiliki visi yang sama. Pasangan diharapkan membentuk keluarga kuat dan memiliki keutuhan.

    Pemerintah mewajibkan setiap pasangan yang ingin menikah memiliki sertifikat pranikah. Program ini mulai berlaku di seluruh Indonesia pada 2020.
     
    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan sertifikat pranikah didapatkan pasangan usai pelatihan. Materi pelatihan antara lain ekonomi keluarga, kesehatan reproduksi, dan masalah kehidupan rumah tangga lain.
     
    "Termasuk menekan angka perceraian segala itu," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id