Rute Perjalanan Rombongan Pengantar Jenazah BJ Habibie

    Siti Yona Hukmana - 12 September 2019 05:00 WIB
    Rute Perjalanan Rombongan Pengantar Jenazah BJ Habibie
    Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie (MI/Rommy Pujianto)
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mengawal jenazah Presiden RI ketiga B.J Habibie dari rumah duka Patra Kuningan, Jakarta Selatan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Rekayasa lalu lintas bakal dilakukan situasional.

    "Kita mengawal dengan dua sepeda motor polisi," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 11 September 2019. 

    Ada dua rute yang disiapkan untuk mengantar BJ Habibie ke peristirahatan terakhirnya di TMP Kalibata. Rute pertama yakni melewati Jalan Taman Patra Kuningan, Jalan Patra Kuningan Utara, Jalan Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Raya Kalibata hingga ke TMP Kalibata 

    "Jarak 5,3 kilometer dan waktu tempuh 18 menit," ujar Nasir.

    Sementara itu, polisi juga telah membuat rute alternatif dari rumah duka ke TMP Kalibata dengan jarak lebih singkat. Yakni, 4,1 kilometer dengan waktu tempuh 16 menit. Rutenya yakni melalui Jalan Taman Patra Kuningan mengarah ke Patra Kuningan VII, Jalan Dukuh Patra, Jalan Mandala Raya Rasamala Raya,  Jalan Gatot Subroto, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Raya Kalibata hingga ke TMP Kalibata.

    BJ Habibie tutup usia pada Rabu, 11 September 2019 sekitar pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta. Ia wafat di usia 83 tahun. 

    Habibie sudah seminggu dirawat di RSPAD, Gatoto Soebroto, Jakarta. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir. 

    Pemerintah pun menetapkan masa berkabung selama tiga hari. Seluruh lembaga dan instansi diimbau mengibarkan bendera setengah tiang hingga 14 September 2019.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id