Bermain Permainan Tradisional di Pekan Kebudayaan Nasional

    Marcheilla Ariesta - 06 Oktober 2019 11:18 WIB
    Bermain Permainan Tradisional di Pekan Kebudayaan Nasional
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tengah bermain engklek. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id
    Jakarta: Pekan kebudayaan nasional merupakan ajang memperkenalkan kembali budaya Indonesia, baik tradisional maupun non tradisional. Masyarakat pun diajak untuk melakukan permainan tradisional.

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ikut serta dalam permainan tradisional ini. Retno mencoba bermain congklak. Permainan dengan media papan yang berlubang dan biji ini sangat populer dimainkan anak-anak perempuan.

    Retno kemudian mencoba permainan enggrang batok. Permainan menggunakan batok kelapa mengharuskan pemainnya naik di atas batok, menjaga keseimbangan, dan berjalan dengan tali diangkat.

    Sementara itu, Muhadjir tampak bermain gangsing. Permainan dari kayu tersebut dimainkan dengan cara ditarik hingga gangsingnya berputar.

    Dia juga sempat bermain engklek dan mengajak seorang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk ikut bermain.

    Seorang pengunjung asal Jepang, Ayana, juga ikut memeriahkan permainan tradisional ini. Ayana mengaku senang bisa melihat berbagai permainan tradisional Indonesia. 

    "Permainan-permainan ini cukup seru. Saya tadi sempat mencoba permainan engklek. Senang sekali," ujar Ayana, kepada Medcom.id, di Jakarta, Minggu, 6 Oktober 2019.

    Pekan kebudayaan nasional akan dibuka secara resmi di Istora Senayan, Jakarta, pada Senin, 7 Oktober 201. Kegiatan ini dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Pendaftaran dapat dilakukan lewat online, dan di lokasi acara.

    Ada 25 provinsi di Indonesia yang ikut meramaikan kegiatan tersebut. Salah satunya dari Sulawesi Selatan yang akan menampilkan pertunjukan Bumi Manusia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id