comscore

Gabung Polri, Novel Baswedan Cs Mesti Ikut Seleksi Kompetensi

Fachri Audhia Hafiez - 04 Desember 2021 13:41 WIB
Gabung Polri, Novel Baswedan Cs Mesti Ikut Seleksi Kompetensi
Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dan 56 orang lainnya harus mengikuti sejumlah aturan sebelum diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. Hal itu tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021.

Pada Pasal 2 aturan itu menyebutkan bahwa 57 eks pegawai KPK itu harus melalui seleksi kompetensi. Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia disebut terlebih dulu mengajukan secara tertulis daftar usulan pengangkatan sumber daya manusia dari 57 orang itu.
"Daftar usulan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan berdasarkan hasil: identifikasi jabatan dan seleksi kompetensi," tulis Perpol Nomor 15 Tahun 2021 dikutip Medcom.id, Sabtu, 4 Desember 2021.

Pada Pasal 3 dijelaskan bahwa identifikasi itu dilakukan untuk memetakan daftar
jabatan ASN di lingkungan Polri yang akan diisi oleh para eks pegawai KPK. Hal ini menyesuaikan formasi atau kebutuhan jabatan ASN di lingkungan Polri.

Baca: Novel Baswedan Cs Bakal Ditempatkan Sesuai Kompetensi di Polri

Sementara, pada Pasal 4 dijelaskan bahwa seleksi kompetensi dilakukan untuk mengetahui, menilai kesesuaian, dan kemampuan. Hal ini juga merujuk pada pengalaman jabatan para eks pegawai Lembaga Antikorupsi.

Perpol Nomor 15 Tahun 2021 sebagai regulasi terhadap pengangkatan 57 mantan pegawai KPK yang tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai ASN Polri. Aturan pengangkatan khusus Novel Baswedan cs itu juga sudah tercatat di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id