Menjaga Ketersediaan Pangan di Tengah Merebaknya Korona

    Siti Yona Hukmana - 20 Maret 2020 13:43 WIB
    Menjaga Ketersediaan Pangan di Tengah Merebaknya Korona
    Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana/Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Inspeksi mendadak (sidak) gencar dilakukan guna menjaga ketersediaan pangan. Semua stakeholder 'turun gunung' memastikan stok bahan pokok memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah wabah korona (covid-19).

    Teranyar, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menggelar sidak di Pasar Palmerah, Jakarta Barat. "Perlu saya sampaikan, ketersedian pangan mempunyai stok yang lebih dari cukup," tegas Nana di lokasi, Jumat, 20 Maret 2020. 

    Ia mengimbau seluruh warga Jakarta tidak memborong sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat diminta membeli sembako secara normal.

    "Jadi masyarakat tidak perlu resah dengan isu-isu yang beredar (stok pangan tidak cukup), stok masih lebih cukup," ujar Nana.

    Menjaga Ketersediaan Pangan di Tengah Merebaknya Korona
    Pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang/Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

    Sidak dilakukan jajaran Polda Metro Jaya bersama Bulog. Ketersediaan beras, gula, minyak goreng, dan terigu dipastikan aman. Nana juga memastikan harga sembako di Pasar Palmerah stabil.

    Jaminan amannya bahan pokok juga disampaikan Menteri  Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Tak akan ada kelangkaan kebutuhan masyarakat karena setiap institusi menjalankan kebijakan dengan baik.

    "Di bidang keamanan ada polisi yang bekerja keras (apabila terjadi kerusuhan). Perindustrian memastikan stok-stok dan pengadaan barang pokok dan pelayanan kesehatan dilakukan di bidang masing-masing," tegas Mahfud, di Kemenko Polhukam, Selasa, 17 Maret 2020.

    Baca: Pemerintah Pastikan Tidak Ada Kelangkaan Bahan Pokok

    Di level lebih tinggi, Presiden Joko Widodo sempat mengunjungi gudang Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kunjungan, kalau tak mau disebut sidak, guna memantau ketersedian beras. Ia bahkan langsung memerintahkan Direktur Utama Bulog Budi Waseso bergerak.

    "Langsung keluarkan ini (beras) ya, operasi pasar," tegas Jokowi , Rabu, 18 Maret 2020.

    Baca: Jokowi Instruksikan Bulog Operasi Pasar

    Tindakan serupa juga dilakukan Pemprov DKI. Jajaran pemerintahan di Ibu Kota Negara siap memenuhi peningkatan permintaan beras. PT Food Station Tjipinang Jaya telah menyiapkan skenario bila terjadi peningkatan permintaan beras. 
     
    "Setiap buyer-buyer kita itu, memberikan estimasi dan itu kita pastikan estimasi terpenuhi 100 persen," ujar Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi, di Gudang SRG, kawasan Pasar Cipinang, Jakarta Timur, Rabu, 18 Maret 2020.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id