Belum Ada Pemda Ajukan Pencabutan PSBB

    Kautsar Widya Prabowo - 18 Mei 2020 22:23 WIB
    Belum Ada Pemda Ajukan Pencabutan PSBB
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto. Dok. BNPB
    Jakarta: Pemerintah menyebut belum ada provinsi atau kabupaten dan kota yang mengajukan pencabutan pemberlakuaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pemerintah setempat harus terlebih dulu melampirkan kajian yang mendasari alasan mencabut PSBB.

    "Saya belum menerima kajian penghentian PSBB," ujar juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto, kepada Medcom.id, Senin, 18 Mei 2020.

    Kajian tersebut memuat aspek pendukung yang menggambarkan wilayah terkait tidak lagi memberlakukan PSBB. Nantinya, Kementerian Kesehatan selaku pihak yang berwenang dalam perizinan PSBB akan mengkaji terlebih dahulu aspek tersebut.

    "Kita diskusikan semua aspek epidemilogi, jaring pengamanan sosial, dan lain-lain," jelasnya.

    Saat ini terdapat empat provinsi dan 26 kabupaten/kota yang telah menetapkan PSBB untuk menangani penyebaran virus korona (covid-19). Semua wilayah memiliki masa akhir PSSB pada akhir Mei 2020.

    Jawa Barat menjadi daerah dengan batas akhir pemberlakuan terdekat, pada 19 Mei. Disusul DKI Jakarta pada 22 Mei, Sumatera Barat pada 29 Mei, dan Gorontalo pada 1 Juni.

    Kemudian untuk kabupanten/kota dengan akhir masa PSBB terdekat ialah Kota Makasar dan Kota Banjarmasin dengan 21 Mei 2020. Lalu Kota Tegal pada 22 Mei dan Kota Palangkaraya pada 24 Mei.

    Pada 25 Mei PSBB di Surabaya, Kabupaten Sidoharjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Buol berakhir. Kota Pelembang dan Kota Prabumalih berlaku hinnga 27 Mei.

    Pada 28 Mei PSBB beakhir di Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Kampar. Pada 29 Mei PSBB berkahir di Kota Banjar Baru, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Banjar. Pada 30 Mei ada Kota Tarakan.

    Terakhir pada 31 Mei, pemberlakuaan PSSB berakhir di Kota Tanggerang, Kota Tanggerang Selatan, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Malang.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id