Alasan Pandemi Covid-19 di Eropa Lebih Cepat Melambat

    Sri Yanti Nainggolan - 23 Juni 2020 07:37 WIB
    Alasan Pandemi Covid-19 di Eropa Lebih Cepat Melambat
    Petugas kesehatan menangani pasien covid-19 di London, Inggris. AFP
    Jakarta: Direktur Bidang Gender dan Kepemudaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Diah Saminarsih mengungkapkan alasan laju penularan covid-19 di beberapa negara cenderung melambat. Sistem kesehatan berperan paling penting.

    Misalnya, kawasan Eropa yang mengalami perlambatan laju penyebaran covid-19 di kala negara di dunia sedang mengalami akselerasi.

    "Karena cara atau kebijakan sebelumnya di sana sudah ada sistem kesehatan yang cukup kuat sehingga tidak bingung ketika pelaksanaan (pencegahan)," terang dia dalam diskusi webinar, Senin, 22 Juni 2020.

    Negara yang pernah menghadapi wabah cenderung lebih siap ketika menghadapi pandemi covid-19. Misalnya Korea Selatan dan Singapura yang pernah berhadapan dengan SARS dan MERS sehingga mempunyai sistem kesehatan yang lebih kuat.

    Baca: Lockdown Covid-19 di Eropa Selamatkan Jutaan Nyawa

    Untuk Indonesia, keberagaman dan kesiapan sistem kesehatan setiap provinsi berbeda. Ini menjadi tantangan tersendiri dalam menangani wabah. Masalah teknis semacam ini tidak akan ditemui di negara homogen.

    "Negara-negara dalam konteks low income dengan jumlah penduduk banyak justru belum pernah merasakan bagaimana menangani wabah dalam situasi seperti ini. Ternyata ini berpengaruh untuk menentukan kebijakan yang akan diambil kelak," papar dia.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id