Kasus Covid-19 di Riau Naik karena Imported Case

    Nur Azizah - 23 Juni 2020 11:52 WIB
    Kasus Covid-19 di Riau Naik karena <i>Imported Case</i>
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kasus covid-19 di Riau terus meningkat dalam beberapa hari ke belakang. Penambahan kasus tertinggi terjadi pada Senin, 22 Juni 2020.

    "Sudah tiga hari berturut-turut kasus naik. Biasanya hanya enam orang, delapan orang, sekarang 24 orang. Ini tinggi sekali," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indra Yopi dalam telekonferensi di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Selasa, 23 Juni 2020.

    Yopi menyebut kenaikan kasus terjadi akibat imported case. Kasus covid-19 melonjak setelah pemerintah pusat memberikan relaksasi perjalanan.

    "Imported case semua, karena pemerintah pusat sudah membolehkan orang bepergian," ujar dia.

    Yopi mengatakan persyaratan untuk melakukan rapid test sebelum bepergian ke luar kota tidak ampuh menekan penyebaran covid-19. Terbukti banyak orang yang negatif covid-19 berdasarkan hasil rapid test, namun saat swab test menjadi positif.

    "Itu menjadi kelemahan dan kritik kami juga kepada teman-teman. Karena ini rapid negatif, ternyata pas diperiksa polymerase chain reaction (PCR) positif," ungkap dia.

    Baca: Pemda Diminta Mewaspadai Ancaman Peningkatan Sebaran Covid-19

    Salah satu kasus imported case dibawa oleh pria asal Palembang. Setelah dinyatakan positif dan dua hari menjalani perawatan, dia meninggal.

    "Setelah dilacak, dia mentransmisikan ke sembilan orang. Ke istri, anak, saudara, dan temannya. Dan hampir semuanya (penambahan kasus) emang imported case," tegas dia.

    Menurut dia, lebih sulit mengendalikan kasus imported case dibandingkan kasus lokal. Dia menyarankan pemerintah mewajibkan pejalan untuk melakukan swab test, bukan rapid test.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id