1.282 Kasus Baru Covid-19 Terdeteksi

    Siti Yona Hukmana - 13 Juli 2020 16:16 WIB
    1.282 Kasus Baru Covid-19 Terdeteksi
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
    Jakarta: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona (Covid-19) memeriksa 13.100 spesimen. Total 1.074.467 spesimen telah dites. Pemeriksaan ini mendeteksi kasus-kasus baru virus korona di tengah masyarakat.

    "Kita dapatkan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1.282 orang sehingga totalnya menjadi 76.981 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 13 Juli 2020. 

    Yurianto memerinci sebaran kasus baru korona. DKI Jakarta melaporkan 281 kasus baru dengan 208 sembuh, Jawa Timur melaporkan 219 kasus baru dengan 268 sembuh, Sulawesi Selatan 124 kasus baru dengan 259 sembuh, dan Jawa Tengah 100 kasus baru dengan 30 sembuh. Sedangkan Papua 98 kasus baru dengan sembilan sembuh dan Jawa Barat 83 kasus baru dengan 19 sembuh.

    "Kasus positif yang kita dapatkan dalam beberapa minggu terakhir ini adalah kasus yang kita dapatkan dari hasil tracing yang dilakukan secara masif dengan disertai upaya pemeriksaan laboratorium secara masif sehingga sebagian besar kasus yang kita dapatkan adalah kasus-kasus yang tidak ada indikasi untuk dirawat di rumah sakit," terang dia.

    Pasien dapat melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun, Yurianto menegaskan pihaknya tidak lepas tangan. Tim kesehatan tetap disiplin mengawasi pasien isolasi mandiri.

    "Agar isolasi selama 14 hari bisa mendapatkan hasil baik, yakni menjadi negatif," ucap dia.

    Yurianto menyebut ada penambahan kasus di bawah 10 dilaporkan oleh 19 provinsi. Sementara itu, sembilan provinsi melaporkan tidak ada kasus baru.

    "Yakni Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," ujar Yurianto.

    Yurianto menyebut total kasus sembuh di Indonesia mencapai 1.051 orang. Dengan begitu, akumulasi total kesembuhan menjadi 36.689 pasien.

    Sementara itu, kata dia, ada 50 orang dilaporkan meninggal dunia pada hari ini. Hingga saat ini, angka kematian menjadi 3.656 kasus.

    Baca: Penanganan Covid-19 Tidak Hanya Tanggung Jawab Tenaga Kesehatan

    Yurianto menyebut pihaknya masih menangani kasus 33.504 orang dalam pemantauan (ODP). Sementara itu, kasus pasien dalam pengawasan (PDP) yang dipantau dengan ketat mencapai 13.439 orang.

    "Kita sadari bahwa kasus dari hari ke hari masih bertambah, karena masih ada sumber penularan yang berada di tengah-tengah masyarakat yang kemudian tidak menyadari bahwa dirinya menularkan ke orang lain," ungkap Yurianto.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id