Gugus Tugas Minta Bantuan TNI/Polri untuk Periksa Spesimen

    Nur Azizah - 11 Mei 2020 18:25 WIB
    Gugus Tugas Minta Bantuan TNI/Polri untuk Periksa Spesimen
    Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan
    Jakarta: Target pemerintah menguji 10 ribu spesimen dalam sehari belum tercapai. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut target tersebut terkendala jumlah sumber daya manusia (SDM).

    Doni berencana merekrut personel dari TNI/Polri yang memiliki kualifikasi sebagai petugas laboratorium untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, gugus tugas mengadakan pelatihan virtual bagi petugas laboratorium yang belum berpengalaman.

    "Kami juga telah memberikan arahan kepada seluruh laboratorium untuk merekrut personil-personil baru. Termasuk juga bantuan-bantuan dari TNI/Polri yang memiliki kualifikasi di bidang keperawatan dan kemmapuan di bidang laboratorium," kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 11 Mei 2020.

    Selain menambah petugas laboratorium, memberikan insentif dianggap salah satu cara terbaik. Ia yakin dengan cara itu kinerja petugas laboratorium akan meningkat.

    "Memmberikan insentif kepada para pekerja lab agar bisa motivasi supaya lebih giat lagi karena kita memang harus berkejaran dengan waktu," ujarnya.

    Baca: PCR Buatan Indonesia Tersedia Juni

    Kepala BNPB ini menyebut kinerja laboratorium di Indonesia belum stabil. Seluruh laboratorium pernah mampu memeriksa 9.630 spesimen dalam sehari.

    Namun, capaian ini hanya terjadi sekali. Kinerja menurun pada hari berikutnya dan hanya mampu memeriksa sekitar lima hingga tujuh ribu spesimen.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id