comscore

Selamat dari Kapal Karam, 8 WNI Ditangkap di Malaysia

Siti Yona Hukmana - 20 Desember 2021 15:10 WIB
Selamat dari Kapal Karam, 8 WNI Ditangkap di Malaysia
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 20 Desember 2021. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Sebanyak 14 penumpang selamat dari kapal tenggelam di perairan Johor, Malaysia. Sebanyak delapan di antaranya yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) ditangkap otoritas Malaysia sebagai imigran ilegal.

"Ditangkap dengan istilah PATI (pekerja asing tanpa izin). Istilah dari orang Malaysia sebagai warga negara yang mengunjungi negaranya tanpa izin," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 20 Desember 2021. 
Ramadhan menyebut data itu didapat dari staf teknis Polri yang bertugas di Johor Bahru. WNI yang tertangkap itu akan mengikuti tes covid-19 di Markas Tentara Tanjung Sepang, Kota Tinggi, Malaysia.

Baca: Sudah 6 Jenazah Kapal Tenggelam di Malaysia Teridentifikasi WNI

"Kemudian diserahkan kepada imigrasi Malaysia," ujar Ramadhan. 

Menurut dia, Polri turut membantu evakuasi sejumlah korban lain. Korban meninggal yang ditemukan akan dibawa ke RS Sultan Ismail, Johor Bahru, untuk diautopsi.

Insiden kapal tenggelam terjadi pada Rabu, 15 Desember 2021. Saat tenggelam, kapal itu berada di sekitar 0,3 mil laut sebelah tenggara Tanjung Balau, Kota Tinggi.

Total ada 60 imigran dari Indonesia yang diangkut kapal tersebut. Kementerian Luar Negeri Indonesia mengakui kapal yang tenggelam itu mengangkut imigran ilegal.

Hingga Jumat, 17 Desember 2021, ada 21 korban meninggal akibat peristiwa tersebut, terdiri dari 15 laki-laki dan enam perempuan. Pencarian masih terus dilakukan. 


(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id