comscore

Petinggi PDSI: Organisasi Kami Setara IDI

MetroTV - 19 Mei 2022 11:07 WIB
Petinggi PDSI: Organisasi Kami Setara IDI
Tangkapan layar Metro TV
Jakarta: Buntut dipecatnya dokter Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) belum selesai. Tak lama berselang lahir organisasi tandingan bernama Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bahkan sudah mengesahkan PDSI sebagai organisasi profesi dokter pada April lalu. Namun, walaupun sudah disahkan, masih ada sebagian masyarakat yang tidak setuju dengan keberadaan PDSI.
Sekretaris Umum PDSI dr Erfen Gustiawan angkat suara dengan kelahiran PDSI. Menurutnya, dengan adanya surat keputusan dari Kemenkumham, maka posisi PDSI otomatis setara dengan IDI.

"Kami sudah memiliki SK Kemenkumham. Ini justru sama dengan IDI yang juga terdaftar di Kemenkumham sebagai perkumpulan," kata Erfen dalam tayangan Hotroom di Metro TV, Rabu, 18 Mei 2022.

Pembawa acara Hotroom, Hotman Paris Hutapea, pun mengajukan pertanyaan, "Apakah PDSI sudah dilantik oleh Presiden?" Hal ini merujuk Undang-Undang Kedokteran yang menyebutkan bahwa anggota perkumpulan profesi dokter harus dilantik oleh Presiden.

Erfen menjawab bahwa anggota PDSI tidak perlu dilantik Presiden. Alasannya, PDSI bukan bagian dari konsil kedokteran.

Baca: Kehadiran Multi Organisasi Profesi Dokter Dinilai Membahayakan

PDSI dideklarasikan Brigadir Jenderal (Purnawirawan) Jajang Edi Priyatno di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, 27 April 2022. Pendirian PDSI ini tercatat dalam SK Kemenkumham RI No AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Staf mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto itu menjelaskan bahwa PDSI didirikan berdasarkan Pasal 28 UUD 1945. Aturan tersebut menyebutkan negara menjamin kebebasan warga negara untuk berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat. (Paulina Wijaya)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id