comscore

Operasi Lilin Fokus ke Jawa dan Indonesia Timur

Ilham Pratama Putra - 12 Desember 2019 14:39 WIB
Operasi Lilin Fokus ke Jawa dan Indonesia Timur
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Jakarta: Beberapa daerah mendapat perhatian khusus Mabes Polri dalam Operasi Lilin 2019. Jalur mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di sejumlah wilayah ini mendapat pengamanan ekstra.

"Contohnya Jawa, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua dan Papua Barat," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Argo Yuwono, di Mabes Polri, Kamis 12 Desember 2019.
Menurut dia, Korps Bhayangkara akan mengupayakan kemacetan tak menghantui pemudik di daerah ini. Pihaknya telah memantau kondisi di daerah-daerah tersebut.

"Kita lakukan juga pengumpulan data dan info dari polda-polda lalu diterima Asops (Asisten Operasi) Kapolri (Inspektur Jenderal Martuani Sormin) nanti ditentukan prioritas keamanan," lanjut dia.

Operasi lilin berlangsung dari Senin, 23 Desember 2019, hingga Rabu, 1 Januari 2020. Sebanyak 100 ribu personel di seluruh wilayah bertugas dalam Operasi Lilin 2019.

Sementara itu, puncak arus mudik Natal 2019 diprediksi berlangsung Sabtu, 21 Desember 2019, dan Minggu, 22 Desember 2019. Untuk Tahun Bau 2020, arus mudik diperkirakan muncul pada Sabtu, 28 Desember 2019, dan Minggu, 29 Desember 2019. 
 
Kepala Korlantas Inspektur Jenderal Istiono memastikan polisi lalu lintas di berbagai wilayah siap melayani masyarakat yang bepergian. Korlantas berkoordinasi dengan pihak terkait mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada masa liburan akhir tahun.

"Terutama (koordinasi) dengan dinas perhubungan, PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Jasa Marga," jelas dia.
 
Selain itu, Istiono tak luput memperhatikan kondisi jalan. Jalur sepanjang Pulau Jawa dipastikan layak dilewati kendaraan pemudik.
 
"Tol sudah siap. Ready titik elevated, rest area-nya, semuanya. Termasuk ruas tol rest area dan daerah rawan macet dan laka (kecelakaan lalu lintas). Termasuk perlintasan kereta api, pasar tumpah, daerah wisata, pelabuhan yang juga kita kelola, baik laut dan udara," lanjut dia.



(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id