KKN Mahasiswa Diarahkan ke Sektor Infrastruktur

    Yogi Bayu Aji - 13 September 2019 16:27 WIB
    KKN Mahasiswa Diarahkan ke Sektor Infrastruktur
    Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
    Jakarta: Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengarahkan kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa ke sektor infrastruktur. Hal ini dilakukan bersama 47 perguruan tinggi di 34 provinsi.

    "Program kemitraan ini bertujuan untuk mendukung keberlanjutan infrastruktur permukiman di sektor sistem penyediaan air minum, sanitasi, pengembangan kawasan permukiman, dan bina penataan bangunan," kata Ketua Pelaksana Seknas Habitat sekaligus Direktur Keterpaduan Infrastruktur Pemukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Edward Abdurrachman dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 September 2019.

    Menurut dia, pihaknya pun tengah menyusun video KKN tematik infrastruktur permukiman. Selain sebagai bahan kampanye publik, film tutorial ini menjadi panduan kepada mahasiswa dalam KKN tematik di tengah masyarakat.

    Dia memaparkan bagaimana KKN yang berlangsung di Desa Gemel dan Desa Batujai, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2014 dan 2018. Lokasi ini menjadi sasaran kegiatan sanitasi berbasis masyarakat (sanimas). 

    Kala itu, mahasiswa dibekali langkah-langkah KKN mulai dari diskusi dengan masyarakat, identifikasi masalah, analisa potensi, membuat dokumen perencanaan, hingga aksi nyata mahasiswa. KKN ke depan pun diharap menjaga keberlanjutan infrastruktur air minum dan sanitasi yang telah terbangun di desa.

    "Video ini diharap dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait kegiatan KKN tematik infrastruktur permukiman yang sudah dilaksanakan serta memberikan pedoman kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN tematik infrastruktur permukiman," jelas dia.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id