Sembilan Kepala Negara Hadir di Pelantikan Jokowi

    Cindy - 18 Oktober 2019 21:52 WIB
    Sembilan Kepala Negara Hadir di Pelantikan Jokowi
    President Joko Widodo (Photo:MI/Ramdani)
    Jakarta: Mabes Polri mengungkap ada sembilan kepala negara yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Seluruh kepala negara berasal dari sekitar Asia Tenggara. 

    "Sudah hampir dipastikan bahwa ada sembilan kepala negara yang akan hadir, dan kemudian sembilan yang merupakan perwakilan atau utusan khusus dari negara," ucap Kabagpenum Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 18 Oktober 2019. 

    Asep menuturkan sebagian dari kepala negara itu sudah tiba di Indonesia. Pengamanan akan dilakukan sejak tamu kenegaraan itu tiba di Indonesia hingga pulang ke negara asal. 

    Lanjutnya, pengamanan kesembilan kepala negara itu disebut sebagai operasi Waskita. Operasi Waskita merupakan tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

    "Kemudian (pengamanan) tamu VIP lainnya, bekerja sama dengan TNI sebagaimana prosedur yang ada," sambung Asep. 

    Sementara untuk pengamanan pelantikan, Korps Bhayangkara menerjunkan 31 ribu personel gabungan TNI-Polri. Tokoh yang diamankan antara lain Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, keluarga Presiden dan Wakil Presiden, Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, tamu dari luar negeri hingga utusan khusus negara. 

    Pengamanan difokuskan di kawasan senayan atau lokasi pelantikan, Gedung DPR/MPR, Jakarta hingga Istana Negara. Serta pengamanan di sentra ekonomi, pusat kegiatan, instansi pemerintahan dan objek vital lainnya. 

    Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan digelar pada Minggu siang, 20 Oktober 2019. Sejumlah pengamanan dari personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk melancarkan hajat lima tahunan tersebut. 




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id