Ombudsman Dorong KLHK Pimpin Aksi Penghapusan Merkuri

    Kautsar Widya Prabowo - 18 Juli 2019 15:05 WIB
    Ombudsman Dorong KLHK Pimpin Aksi Penghapusan Merkuri
    Anggota ORI Adrianus Elista Meliala - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
    Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadi penanggung jawab menjalankan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengurangan dan Penghapusan Merkuri. KLHK dinilai memiliki kewenangan itu. 

    Anggota ORI Adrianus Elista Meliala menyebut belum ada kementerian dan lembaga yang menjadi penanggung jawab sejak Prepres disahkan pada April. Hal itu berimbas pada implementasi yang tidak jelas. 

    "Nah kelihatanya semua malu-malu harusnya kalau menurut saya KLHK yang main," ujar Adrianus di Gedung ORI, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli 2019. 

    Adrianus menyebut minimnya dana masih menjadi halangan kementerian/lembaga menjalankan kebijakan itu. "Jangan-jangan Bu Siti Nurbaya (Menteri KLHK) bilang 'masa saya leading sector tapi anggaran tidak bisa dikendalikan', itu masalah birokrasi yang memang kami awasi," kata dia. 

    (Baca juga: Indonesia Sampaikan Strategi Penghapusan Merkuri di COP2 Jenewa)

    Dia berharap ketika struktur organisasi sudah terbentuk diikuti Peraturan menteri (Permen) yang mengatur anggaran. Jika tidak, masing-masing lembaga akan saling lempar menjalankan Perpres tersebut. 

    "Pembentukan tata kelola, tata pelaksana, itu kalau enggak dibuat rapi ini berpotensi menjadikan Perpres yang kosong saja," tandas dia. 

    Adrianus menyambut baik KLHK mulai berinisiatif menjalankan Perpres itu. Dia berharap semangat itu tak kendur. 

    "Minggu depan mereka mengundang kami untuk hadir Rakernis dan mengundang seluruh pihak, dalam rangka bisa nggak menerima keputusan Seknasnya KLHK. Kayanya KLHK yang nampaknya ambil kendali," beber Adrianus. 



    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id