Empat Orang Meninggal Akibat Gempa Banten

    Candra Yuri Nuralam - 03 Agustus 2019 16:30 WIB
    Empat Orang Meninggal Akibat Gempa Banten
    Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo (kiri). Foto: Candra Yuri Nuralam/Medcom.id
    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat empat orang meninggal akibat gempa dengan magnitudo 6,9 yang terjadi di Banten pada Jumat, 2 Agustus 2019. Mereka tewas akibat terkena serangan jantung dan terpeleset saat menyelamatkan diri dari gempa.

    "Empat orang meninggal, dua orang berada di Kabupaten Lebak dan dua orang di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, empat orang mengalami luka-luka," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo, di Graha BNPB, Jakarra Timur, Sabtu 3 Agustus 2019.

    Selain itu, BNPB mencatat ada ratusan bangunan yang rusak akibat gempa. Terdiri dari 223 rumah, empat tempah ibadah, satu kantor desa, dua fasilitas pendidikan, dan bangunan lain rusak.

    "Ini bangunan yang strukturnya kurang bagus, kalau yang strukturnya bagus tidak terpengaruh," ujar Agus.

    Gempa dengan magnitudo 6,9 melanda Banten. Gempa terjadi pukul 19.03 WIB, Jumat, 2 Agustus 2019. Titik gempa berada di 7,54 LS dan 104,58 BT atau 147 km barat daya Banten di kedalaman 10 km.

    Fenomena ini sempat berpotensi menyebabkan tsunami. Namun, kemudian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan tsunami tersebut beberapa jam setelah gempa.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id