Usai Ribut dengan Polisi, Massa GMBI 'Serbu' KPK

    Kautsar Widya Prabowo - 06 November 2019 15:40 WIB
    Usai Ribut dengan Polisi, Massa GMBI 'Serbu' KPK
    Massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) merangsek masuk ke Gedung KPK, Jakarta. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id
    Jakarta: Massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) merangsek ke halaman Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta. Mereka menuntut KPK segera menahan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, yang merupakan tersangka kasus dugaan suap pengurusan dana perimbangan pada ABPN 2018 Kota Tasikmalaya.

    Massa GMBI beraksi sejak pukul 10.30 WIB, Rabu, 6 November 2019. Mereka meminta pimpinan KPK menemuinya untuk menyampaikan aspirasi secara langsung. Namun, permintaan itu tak kunjung terpenuhi.

    Massa yang kesal kemudian mulai bertindak anarkistis. Mereka membakar kerucut jalan dan mendobrak pertahanan polisi. Sedangkan, petugas tetap berjaga di halaman Gedung KPK dilengkapi tameng dan senjata gas air mata 

    Beruntung kericuhan tak berlangsung lama. Emosi sedikit reda setelah perwakilan dari KPK menemui massa. Massa pun bubar setelah berdiskusi dengan perwakilan KPK.

    Usai Ribut dengan Polisi, Massa GMBI 'Serbu' KPK
    Massa Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) membakar kerucut dan merangsek masuk ke Gedung KPK, Jakarta. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id

    Sebelum tiba di Gedung KPK, massa GMBI juga sempat terlibat bentrok dengan dengan kepolisian di depan Gedung PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pemicunya, ada massa GMBI yang dipukul oknum kepolisian.

    Pemukulan itu dikabarkan akibat adanya kendaraan massa GMBI menyenggol petugas yang sedang mengatur jalan di lokasi. Kejadian ini berujung pada cekcok antara massa GMBI dan kepolisian hingga berujung pemukulan.

    Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama mengatakan masalah ini sudah ditengahi. Kedua pihak pun sepakat berdamai.

    “Tadi sudah diadakan pertemuan antara Pak Wakapolda (Brigjen Wahyu Hadiningrat), saya dengan Sekjen GMBI jadi sudah ada kesepakatan nanti diselesaikan secara musyawarah,” kata Bastoni di lokasi, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id