Realisasi Bansos Tunai Covid-19 Kemensos Mencapai 82%

    Theofilus Ifan Sucipto - 27 Oktober 2020 10:14 WIB
    Realisasi Bansos Tunai Covid-19 Kemensos Mencapai 82%
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Realisasi bantuan sosial (bansos) tunai covid-19 terus dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan tunai ini direncanakan rampung dalam waktu dekat.

    "Realisasi Bantuan Sosial Tunai telah mencapai 82 persen secara nasional," kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Asep Sasa Purnama, dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Asep mengatakan bansos tunai Kemensos ditujukan bagi sembilan juta masyarakat tidak mampu di 33 provinsi di Indonesia. Bansos tersebut dilakukan dalam dua gelombang, yakni periode April-Juni sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga (KK) dan Juli-Desember sebesar Rp300 ribu per KK.

    Menurut Asep, manfaat bansos tunai tidak hanya dirasakan keluarga penerima manfaat. Bantuan sebagai jaring pengaman sosial selama pandemi covid-19 itu juga berpengaruh pada perekonomian Indonesia.

    "Terjadi sirkulasi uang secara nasional dengan jumlah Rp32,4 triliun atau sekitar Rp2 triliun tiap bulannya, dan membantu menggerakkan kegiatan ekonomi di tingkat akar rumput," ujar dia.

    Baca: 5 Jenis Rekening yang Tidak Bisa Menerima Subsidi Gaji Rp600 Ribu

    Penyaluran bansos tunai, kata Asep, bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Sebanyak 4.500 cabang kantor pos menjadi titik pengambilan bansos tersebut.

    Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, mengatakan pihaknya telah menyalurkan bansos tunai ke seluruh Indonesia. Rinciannya, 483 kota, 514 kabupaten, 7.094 kecamatan, dan 83.447 desa.

    "Dengan jumlah yang masif tersebut kita telah sampai pada tahap ke-6, tercapai 96,79 persen dana yang kita salurkan Rp21,5 Triliun," kata Faizal.

    Sisa penyaluran terhambat lantaran ada masyarakat yang meninggal atau pindah alamat. Saat ini PT Pos Indonesia menunggu data terbaru dari Kemensos dan akan disalurkan di periode berikutnya.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id