'Dosis' Regulasi Mesti Merata di Tengah Ledakan Kasus Covid-19

    Fachri Audhia Hafiez - 27 Januari 2021 13:10 WIB
    'Dosis' Regulasi Mesti Merata di Tengah Ledakan Kasus Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Tingginya angka kasus covid-19 di Indonesia dinilai sebagai pengaruh dari penanganan yang diambil pemerintah. Perlu regulasi tegas soal pembatasan kegiatan masyarakat yang mencakup seluruh wilayah.

    "Kita perlu pembatasan yang sesuai regulasi di Jawa-Bali ini, bukan setara, dan harus merata dengan 'dosis' yang sama," kata epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, kepada Medcom.id, Rabu, 27 Januari 2021.




    Pemerintah memakai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada tujuh provinsi di Jawa dan Bali. Kebijakan ini sudah masuk periode kedua, yakni mulai 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021.

    Baca: Singapura Prediksi Pandemi Covid-19 Berakhir 4-5 Tahun Lagi

    Kebijakan itu belum diberlakukan di luar dua kawasan itu. Namun, tak menutup kemungkinan diterapkan di wilayah lain jika kasus aktif covid-19 tergolong tinggi.

    Dicky menilai pemerintah terlena ketika kasus covid-19 belum menyentuh satu juta. Mestinya, kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) sudah tak lagi diberlakukan ketika kasus harian mulai naik siginifikan.

    "Masih mendengungkan 3M di saat situasi sudah menuntut (tambahan) 2M (menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas). Ini masih mencerminkan kita tidak merespons situasi terkini. Situasi atau masalah yang sekarang ini dihadapi masih meresponsnya seperti awal-awal pandemi 2020 lalu," ujar Dicky.

    Saat kasus covid-19 sudah menyentuh satu juta kasus, kebijakan yang lebih ketat di semua wilayah mestinya digodok. Penguatan 3T (tracing, testing, dan treatment) dan 5M mesti merata.

    "Strategi 3T 5M ini yang harus dilakukan sebelum kita menghadapi dampak yang jauh lebih buruk," ucap Dicky.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id