Survei: Masyarakat Yakin dengan Kualitas dan Keamanan Vaksin Sinovac

    Fachri Audhia Hafiez - 22 Februari 2021 06:06 WIB
    Survei: Masyarakat Yakin dengan Kualitas dan Keamanan Vaksin Sinovac
    Ilustrasi vaksin covid-19. AFP



    Jakarta: Survei Parameter Politik Indonesia mencatat 55,7 persen responden yakin dengan penggunaan vaksin covid-19 Sinovac yang digunakan di Indonesia. Vaksin bakal aman digunakan.

    "Total 31,2 persen yang tidak yakin. Sisanya 13,1 persen tidak menjawab," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, dalam keterangan tertulis kepada Medcom.id, Minggu, 21 Februari 2021.






    Sementara itu, 47,3 persen responden yakin vaksin mampu mengakhiri pandemi. Sebanyak 32,2 persen tidak sepakat dan 20,5 persen sisanya tak menjawab.

    Survei juga menunjukkan sebanyak 54,8 persen masyarakat bersedia menerima vaksin covid-19 gratis. Sementara itu, 22,4 persen tak bersedia divaksinasi meski gratis dan 22,8 persen tidak menjawab.

    (Baca: Wapres: Saya Sudah Divaksin, Tidak Sakit)

    "Kepercayaan masyarakat terhadap vaksin tampak mulai terbangun. Data menujukkan bahwa masyarakat yang sudah yakin dengan kualitas dan keamanan vaksin Sinovac," ujar Adi.

    Survei juga menunjukkan masyarakat Pulau Jawa lebih siap menerima vaksin dengan persentase 57,4 persen. Sementara itu, masyarakat luar Pulau Jawa yang bersedia divaksin 51,3 persen.

    "Hal ini wajar mengingat Pulau Jawa masih menjadi episentrum wabah. Sehingga masyarakat Pulau Jawa lebih sadar dan membutuhkan vaksin untuk menormalisasi kegiatan sosial dan ekonomi mereka yang terganggu akibat pandemi covid-19," jelas Adi.

    Survei dilaksanakan pada 3-8 Februari 2021. Sampel survei menyasar 1.200 responden dengan metode telepolling menggunakan kuesioner.

    Survei menggunakan asumsi metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error 2,9 persen. Tingkat kepercayaan survei 95 persen.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id