Cold Chain Covid-19 Dipastikan Siap 97%

    Nur Azizah - 26 November 2020 19:53 WIB
    <i>Cold Chain</i> Covid-19 Dipastikan Siap 97%
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut cold chain sudah siap 97 persen. Cold chain terdiri dari lemari es atau freezer penyimpan vaksin dan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin ke tempat pelayanan imunisasi, khususnya untuk kegiatan di luar gedung atau lapangan.

    "Rata-rata kesiapan cold chain yang berfungsi di Indonesia mencapai 97 persen," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara,  Jakarta Pusat, Kamis, 26 November 2020.
     
    Selain cold chain, Kementerian Kesehatan (Kemekes) tengah mempersiapkan sarana dan prasarana lainnya. Salah satunya, menyiapkan puskesmas dan rumah sakit sebagai lokasi vaksinasi.

    "Pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mempersiapkan berbagai sarana pendukung lainnya yang dibutuhkan saat program vaksinasi," ujarnya.

    Baca: Tinggal 9 Kabupaten/Kota yang Sumbang Kasus Aktif di Atas Seribu

    Di sisi lain, Kemenkes menyiapkan 739.722 tenaga kesehatan untuk vaksinasi. Mereka terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan bidan.

    "Kemenkes juga telah menyiapkan vaksinator di Puskesmas dan rumah sakit sebanyak 23.145 orang. Atau secara rasio sebesar 1:20 di seluruh Indonesia," kata Wiku.

    Rencananya, vaksinasi digelar paling cepat Desember 2020  atau paling lambat Januari 2021. Presiden Joko Widodo mengaku siap menjadi orang pertama yang divaksinasi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id