Tingkatkan Nasionalisme, Masyarakat Diminta Meneladani Walisongo

    M Sholahadhin Azhar - 02 Mei 2021 23:55 WIB
    Tingkatkan Nasionalisme, Masyarakat Diminta Meneladani Walisongo
    pakar filologi nusantara Ahmad Baso/Istimewa.



    Jakarta: Walisongo merupakan tokoh-tokoh pemuka agama yang harus dijadikan teladan. Sebab, ajaran yang disebar di Indonesia tak hanya terkait Islam, namun juga nasionalisme.

    “Semangat gotong royong adalah salah satu kunci utamanya," kata pakar filologi nusantara Ahmad Baso, melalui keterangan tertulis, Minggu, 2 Mei 2021.






    Menurut dia, semangat itu yang digunakan Walisongo menyebarkan Islam di tengah komunitas Hindu. Ahmad mencontohkan penyebaran agama Islam di komunitas Hindu Bali.

    "Walisongo menyebarkan nilai-nilai keberislaman yang senada dengan budaya Nusantara yang tengah berkembang pada waktu itu,” kata dia.

    Dia menyebut, Walisongo tidak terlebih dahulu mengajarkan bagaimana cara masuk Islam ketika di Bali. Namun, mereka memberi pemahaman bagaimana membangun perekonomian dengan mengandalkan kearifan lokal.

    “Walisongo berdakwah tidak seperti yang dipahami oleh sebagian orang, yakni hanya mengajarkan tentang ajaran Islam, namun yang dilakukan para Wali melampaui itu semua,” kata Ahmad.

    Hal tersebut dibeberkan Ahmad Baso di agenda Badan Kebudayaan Nasional (BKN) PDIP bertajuk 'Mata Air Kearifan Walisongo'. Menurut Ahmad, setiap warga Indonesia harus mencontoh sikap tersebut.

    Rasa nasionalisme terhadap bangsa sendiri harus dimiliki, sebagai bentuk kesadaran dan cintah Tanah Air. Hal itu harus ditunjukkan melalui sikap dan tingkah laku yang selaras.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id