Pemudik Ini Coba Kelabui Kebijakan Larangan Mudik, Jangan Ditiru

    Adri Prima - 04 Mei 2021 14:58 WIB
    Pemudik Ini Coba Kelabui Kebijakan Larangan Mudik, Jangan Ditiru
    Pemudik sepeda motor mulai memadati jalur arteri Pantai Utara Jawa di Karawang, Jawa Barat, Selasa (4/5/2021). (ANTARA/Sugiharto Purnama)



    Jakarta: Kebijakan larangan mudik kembali diberlakukan pemerintah pada hari raya Idulfitri 2021. Namun begitu, bagi sebagian masyarakat yang memang sudah menjadikan mudik ini sebagai tradisi, kebijakan pemerintah tersebut sama sekali tidak berpengaruh. 

    Salah satu pemudik, Suwarno, melakukan perjalanan mudik dari Tanggerang, Banten, menuju Purwokerto, Jawa Tengah. Dia mengendarai motor matik bersama istrinya.






    Tiga tas besar menumpuk di dek sepeda motor milik Suwarno yang merupakan barang-barang untuk keperluan pribadi selama menetap di kampung halamannya nanti. Pada Lebaran 2020, Suwarno mengaku juga melakukan perjalanan pulang kampung menggunakan sepeda motor. 

    Agar mudik berjalan lancar, Suwarno memiliki tips yang mungkin saja berguna bagi calon pemudik lainnya. "Mudik Lebaran sudah jadi tradisi tahunan, pergi sebelum kebijakan diberlakukan dan pulang setelah pelarangan dicabut," kata Suwarno dikutip dari Medcom.id.  

    Pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai memadati jalur arteri Pantai Utara (Pantura) Jawa, dua hari sebelum pemberlakuan penyekatan arus lalu lintas. Mereka tampak membawa barang-barang, mulai dari pakaian hingga oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

    Sementara itu, hingga Selasa 4 Mei 2021 dini hari, terpantau belum ada posko penyekatan jalan, baik di arteri Pantai Utara Jawa ataupun jalan tol Jakarta-Cikampek. Pemerintah secara resmi telah melarang mudik Lebaran selama 12 hari, yakni 6-17 Mei 2021. Kebijakan itu dilakukan guna mencegah penularan covid-19 yang sering naik saat libur panjang.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id