Isolasi Narapidana Covid-19 Bisa Dilakukan di Lapas

    Nur Azizah - 06 Oktober 2020 19:25 WIB
    Isolasi Narapidana Covid-19 Bisa Dilakukan di Lapas
    Ilustrasi lembaga pemasyarakatan. Foto: Antara/Oky Lukmansyah
    Jakarta: Isolasi mandiri untuk narapidana yang terinfeksi virus korona (covid-19) bisa dilakukan di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Isolasi tetap mengikuti aturan dan prosedur Kementerian Kesehatan.

    "Untuk menangani narapidana yang positif covid-19 kami menyarankan pihak unit pelaksana teknis (UPT) pemasyarakatan mengikuti pedoman yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Hukum dan HAM," kata juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Penanganan pasien covid-19 juga harus berdasarkan pertimbangan ketersediaan fasilitas dan rekomendasi dari kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) setempat. Bila fasilitas terbatas, pasien bisa dibawa ke RS rujukan.

    "Jika terdapat UPT Pemasyarakatan yang tidak mampu melakukan isolasi bagi narapidananya dan tidak terdapat RS rujukan covid-19 terdekat, maka perlu dirujuk ke UPT pemasyarakatan pelaksana isolasi mandiri terdekat," kata dia.

    Baca: 1.007 Orang Jadi Pasien Baru Covid-19 di DKI

    Kepala lapas harus memisahkan blok antara pasien covid-19 dengan blok lainnya. Wiku meminta kepala UPT juga bisa mengoptimalkan klinik lapas setempat.

    "Kami mengimmbau kepada pihak UPT pemasyarakatan untuk dapat mengoptimalkan klinik yang sudah ada di dalam lapas. Untuk melakukan cek kesehatan dan screening, baik kepada petugas maupun tahanan. Selain itu higienitas lapas juga harus selaku dijaga," ucap dia.

    Selain itu, UPT Pemasyarakatan diperintahkan untuk terus berkoordinasi dengan pemda setempat untuk mengatasi dan mencari solusi terkait di wilayah lapas. "Kami berharap lapas tidak muncul menjadi sebuah klaster di kemudian hari," kata Wiku.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id