comscore

Kemenkes: Kasus Covid-19 Meningkat Pascasebulan Lebaran 2022

Kautsar Widya Prabowo - 11 Juni 2022 08:57 WIB
Kemenkes: Kasus Covid-19 Meningkat Pascasebulan Lebaran 2022
MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut terjadi lonjakan kasus covid-19 setelah sebulan libur Idulfitri 2022. Dalam sehari kasus covid-19 bertambah sebanyak 500 lebih.

"Masuk hari ke-38 ada kenaikan kasus baik harian atau mingguan. Pada hari ini sejumlah 558 (kasus) setelah hari ke-38," ujar juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam konferensi pers secara virtual, Jumat, 10 Juni 2022.
Syahril mengatakan berkaca pada libur Lebaran 2021, terjadi lonjakan kasus covid-19 pada hari ke-27 setelah hari H. Sedangkan pada libur Natal dan Tahun Baru 2021, kasus meningkat pada hari ke-24.

"Begitu pun kalau kita lihat kasus covid-19 di DKI Jakarta betul juga ada kenaikannya setelah hampir sebulan setelah lebaran maupun setelah pasca nataru," kata dia.

Kendati demikian, dia menyebut angka positivity rate di Indonesia masih rendah, yaitu 1,15 persen. Angka itu di bawah standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen.

"Artinya kita masih dalam keadaan pandemi covid-19 yang terkontrol kalau liat dari posirivity rate ini," ucap dia.

Baca: Satgas: Kasus Covid-19 Melonjak Akibat Peningkatan Aktivitas Masyarakat

Selain itu, transmisi covid-19 di tengah komunitas masih rendah 1,03 persen per 100 ribu penduduk. Kemudian, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (bed occupancy rate) di bawah 5 persen dan kasus kematian per minggu di bawah 1 persen.

"Ini menujukkan kita semua walaupun ada kenaikan kasus setelah lebaran 1 bulan ini, tapi angka-angka standar yang diberikan WHO, kita masih di bawah standar semua," kata dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id