comscore

Profil Mantan Menperin Fahmi Idris

Sri Yanti Nainggolan - 22 Mei 2022 15:54 WIB
Profil Mantan Menperin Fahmi Idris
Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Kabinet Indonesia Bersatu Fahmi Idris. MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Mantan Menteri Perindustrian (Menperin) Fahmi Idris meninggal sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu, 22 Mei 2022. Ia banyak berkiprah dalam pemerintahan dan politik. 
 
"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Ayah saya, Bapak Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo @fahmiidris1," ujar anak Fahmi Idris, Fahira Idris, dikutip dari akun Twitter @fahiraidris, Minggu, 22 Mei 2022.
 
Fahmi Idris meninggal di ICU Rumah Sakit (RS) Medistra, Jakarta. Dia disemayamkan di rumah duka Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan.

Fahmi Idris meninggalkan satu orang istri bernama Yenni Fatmawati dan dua orang anak, yaitu Fahira Idris dan Fahrina Fahmi Idris.
Baca: Fahmi Idris Dikenang Sebagai Politikus yang Gigih
 

Profil Fahmi Idris 

Fahmi Idris lahir di Jakarta pada 20 September 1943. Namun, dia merupakan putra dari pasangan perantau Minangkabau.

Dilansir dari Antara, Fahmi Idris pernah bergabung dengan Partai Golkar pada tahun 1984. Ia langsung ikut berkampanye bersama Ali Moertopo dan Abdul Latief di Sumatera Barat.

Fahmi Idris menduduki jabatan penting sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar pada periode pengurusan 1998-2004.

Fahmi Idris sempat sakit sebelum meninggal. Instagram fahiraidris
Fahmi Idris sempat sakit sebelum meninggal. Instagram fahiraidris

Saat menjadi Ketua DPP Golkar, Fahmi Idris menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dalam Kabinet Reformasi Pembangunan di bawah pemerintahan Presiden ke-3 BJ Habibie. Ia menjabat sebagai Menakertrans pada 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Fahmi Idris kemudian menjabat posisi yang sama pada Kabinet Indonesia Bersatu saat masa kepemimpinan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 20 Oktober 2004 hingga 5 Desember 2005. Ia lalu menjabat sebagai Menteri Perindustrian (Menperin) sejak 5 Desember 2005 hingga 20 Oktober 2009.
 

Karier bisnis Fahmi Idris

Fahmi Idris mendirikan PT Kwarta Daya Pratama pada 1966. Lalu, pada 1979, ia menjabat sebagai Direktur Utama Kongsi Delapan (Kodel Group). Perusahaan ini dia dirikan bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief, dan Pontjo Sutowo.

Kodel mengelola usaha agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, dan hotel.  Kodel membangun Hotel The Regent (kini Four Seasons Jakarta) di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Fahmi Idris juga memiliki usaha properti di luar negeri, yaitu hotel Regent Beverly Whilshire di California, Amerika Serikat.

(SYN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id