comscore

Kemenkes Masih Investigasi 30 Kasus Suspek Hepatitis Akut

Atalya Puspa - 24 Juni 2022 16:23 WIB
Kemenkes Masih Investigasi 30 Kasus Suspek Hepatitis Akut
Ilustrasi. Branda Antara.
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah melakukan investigasi terhadap 30 kasus suspek hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengungkapkan 16 di antaranya telah masuk dalam kategori probable dan 14 kasus masih dalam pending clasification.

"Sejak awal di Indonesia sudah ada 70 kasus kumulatif di mana 40 kasus sudah disingkirkan karena sudah diketahui penyebabnya jadi bukan tergolong dalam hepatitis akut. Lalu kasus-kasus yang ada saat ini tersebar di 21 provinsi," kata Syahril dalam konferesi pers yang diselenggarakan secara virtual, Jumat, 24 Juni 2022.
 

Baca: Penyebab Hepatitis Misteri pada Anak-anak Diidentifikasi, Perlu Penelitian Lebih Lanjut


Syahril mengungkapkan dari 16 kasus probable, 56,25 persen adalah perempuan dan 43,75 persen laki-laki. Sementara itu, pasien terdiri dari usia 0 sampai 16 tahun. Gejala yang paling banyak ditemukan ialah demam, mual, muntah, kuning dan gatal.
Syahril menyebut Kemenkes telah melakukan pemeriksaan patogen pada pemeriksaan PCR dan metagenomi pada 16 kasus probable. Dari pemeriksaan itu, paling banyak ditemukan adalah cytomegalovirus (CMV). Selain itu, ada yang terdeteksi virus dari famili herpesviridae, eternovirus, dan adenovirus.

"Ini masih menjadi catatan bagi kita untuk menunggu keputusan WHO untuk konfirmasi hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya ini," ucap dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id