comscore

Presiden Kemah di IKN, Paspampres Antisipasi Serangan Binatang

Antara - 14 Maret 2022 02:11 WIB
Presiden Kemah di IKN, Paspampres Antisipasi Serangan Binatang
Bakal lokasi berkemah Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara, Kaltim. Branda Antara.
Jakarta: Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengantisipasi berbagai potensi ancaman saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022. Seperti risiko persebaran covid-19, penyakit malaria, hingga serangan binatang melata.

Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo mengatakan setiap orang termasuk personel keamanan yang masuk ke area dekat Presiden selama di IKN Nusantara wajib negatif covid-19 berdasarkan hasil tes usap.
“Jadi protokol kesehatan tetap kita laksanakan di sana meskipun itu tempatnya ada di sekitaran hutan yang mungkin udara juga cukup, tetapi itu sudah menjadi protap bagi kami siapa pun yang merapat di sekitar Bapak Presiden harus melakukan protokol kesehatan dengan ketat," kata Tri dalam konferensi pers daring, di Jakarta, Minggu malam, 13 Maret 2022.

Paspampres sudah melakukan penyemprotan untuk membasmi serangga penyebab penyakit malaria di lokasi Presiden Jokowi berkegiatan. Selanjutnya, pasukan dengan moto Setia Waspada itu juga mengantisipasi potensi serangan binatang melata seperti ular.

Baca: Anies Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara

"Lalu keamanan lainnya di sekitar tenda-tenda, terutama di sekitar VIP, kita sebarkan garam dan sebagainya untuk antisipasi binatang melata, dan itu kita siapkan bisa antiular yang bisa berguna, namun mudah-mudahan tidak terpakai," ujar dia.

Tri menerangkan semua personel Paspampres nantinya akan bersiaga di ring I pengamanan. Untuk pengamanan di ring II dan ring II, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso mengatakan pihaknya akan mengerahkan 2.064 pasukan gabungan untuk melakukan pengamanan kunjungan Kepala Negara ke IKN.

Baca: Kepala BIN: Pembangunan IKN Nunsantara Terobosan Wujudkan Kekuatan Ekonomi

"Dari TNI, kepolisian, dan pemda. Kegiatan besok (Senin) pagi kami gelar pasukan, mulai (Hotel) Novotel sampai kegiatan di IKN," kata Teguh.

Teguh memastikan semua kemungkinan sudah diantisipasi. Mulai dari saat keberangkatan, hingga tiba di lokasi.

"Kami berharap selama kegiatan di IKN, cuaca bisa cerah. Kami jamin dengan Pak Kapolda Kaltim. Acara ini bisa berjalan aman lancar," ucap dia.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id