Syarat Vaksinasi Covid-19 untuk Melindungi Masyarakat

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 Januari 2021 21:08 WIB
    Syarat Vaksinasi Covid-19 untuk Melindungi Masyarakat
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Penerima vaksin covid-19 harus memenuhi sejumlah syarat. Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) RSUP Persahabatan Erlina Burhan menyebut syarat itu tak dimaksudkan menghalangi masyarakat mendapat vaksinasi.

    “Kriteria (orang) layak divaksin dan mana yang tidak, semata-mata untuk melindungi masyarakat, bukan menghalang-halangi,” kata Erlina, dalam diskusi virtual, Sabtu, 23 Januari 2021.






    Erlina menyebut sejumlah syarat itu justru mengajak masyarakat lebih memahami kondisi kesehatan terkini. Sebab, kondisi yang prima bakal meningkatkan efektivitas vaksin covid-19.

    “Oleh sebab itu terus terang lah tentang penyakit anda kalau sekiranya ada komorbid (penyakit penyerta),” papar dia.

    Baca: Terpapar Covid-19 Usai Divaksin, Ini Penjelasannya

    Orang dengan komorbid, kata Erlina, justru dapat kesempatan untuk memperbaiki kondisi kesehatan sejak dini. Perbaikan kesehatan itu sambil menunggu giliran divaksin covid-19.

    Erlina mencontohkan salah satu syarat divaksin covid-19 ialah tensi tidak lebih dari 140/90. Sehingga, masyarakat dengan hipertensi perlu minum obat dengan teratur dan berkonsultasi dengan dokter.

    “Demikian juga diabetes yang ada tingkatannya, kita lihat penyakit diabetesnya terkontrol atau tidak,” terang Erlina.

    Menurut Erlina, sejumlah syarat bagi calon penerima vaksin adalah bentuk kehati-hatian. Supaya kesehatan masyarakat tetap terjaga dan vaksin covid-19 betul-betul efektif.

    Sebelumnya, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional telah menetapkan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi calon penerima vaksin covid-19. Syarat vaksinasi berdasarkan kondisi kesehatan yang telah ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).
     
    "Penerima vaksin harus memenuhi beberapa persyaratan. Calon penerima vaksin tidak memiliki penyakit yang terdapat dalam format screening," kata juru bicara vaksinasi Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 18 Januari 2021.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id