Siap-siap, Jakarta Alami Hari Tanpa Bayangan Siang Ini

    Antara - 04 Maret 2021 10:32 WIB
    Siap-siap, Jakarta Alami Hari Tanpa Bayangan Siang Ini
    Hari tanpa bayangan. Foto: Antara/Basri Marzuki



    Jakarta: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan fenomena hari tanpa bayangan matahari tengah terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. DKI Jakarta diperkirakan mengalami fenomena ini pada Kamis, 4 Maret 2021 pukul 12.04.24 WIB.

    Akun Instagram @lapan_ri menyebutkan fenomena ini terjadi karena matahari tepat berada di atas Indonesia pada tengah hari. Fenomena ini berlangsung mulai pekan keempat Februari sampai pekan pertama April.






    Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan Andi Pangerang menjelaskan ketika matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga saat tengah hari.

    "Fenomena itu disebut sebagai hari tanpa bayangan matahari," kata Andi dalam laman edukasi.sains.lapan.go.id yang dikutip, Kamis, 4 Maret 2021.

    Baca: Indonesia Bakal Alami Hari Tanpa Bayangan Mulai 28 Februari

    Untuk mengecek apakah ketika tengah hari tidak terdapat bayangan, LAPAN menyarankan warga menggunakan prinsip tegak lurus, rata, dan tepat waktu (TRT). Tegak lurus ialah warga bisa menggunakan benda, seperti tongkat lurus, spidol, papan tulis, botol kaca, tumbler, hamper, atau benda lainnya yang bagian alasnya tidak bergelombang dan stabil ketika berdiri tegak.

    Rata mengartikan permukaan tempat menaruh benda maupun bayangan sudah rata. Tepat waktu, yakni ketika pengamatan, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau disinkronkan dengan waktu yang ada pada laman bmkg.go.id.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id