Data KTP-el Jadi Modal Penting Identifikasi Korban Sriwijaya Air SJ-182

    Kautsar Widya Prabowo - 11 Januari 2021 19:00 WIB
    Data KTP-el Jadi Modal Penting Identifikasi Korban Sriwijaya Air SJ-182
    Konferensi pers terkait korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di RS Polri, Kramat Jati, Jaktim, Senin, 11 Januari 2021. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri menyebutkan identitas korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Oki Bisma, diketahui berdasarkan data kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Data kependudukan itu memiliki kesamaan dengan data postmortem pada korban

    "Kami peroleh body part, berupa tangan kanan lengkap dengan jarinya sehingga hal itu memudahkan kami dan ketika kami lakukan identifikasi kami bisa dapatkan (identitasnya)," kata Kepala Pusat Inafis Brigjen Hudi Suryanto dalam konferensi pers di Rumah Sakit Polri (RS) Polri, Senin, 11 Januri 2021. 

    Menurut dia, Inafis mencocokkan data antara manifes penumpang dengan data kependudukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah itu, muncul data kependudukan milik Oki Bisma.

    Baca: Oki Bisma, Korban Sriwijaya Air SJ-182 Teridentifikasi

    "Jadi ketika sidik jari ditempelkan langsung terhubung dengan database yang ada Dukcapil dan memunculkan kandidat. Kandidat-kandidat ini yang kami teliti satu per satu, ternyata setelah kami cek dalam data manifes nama Oki Bisma juga ada pada daftar manifes nomor empat," jelas dia. 

    Dalam data yang ada, Inafis menyebut Oki berjenis kelamin laki-laki, bergolongan darah O, dan belum menikah. Pria kelahiran Jakarta, 12 Desember 1991, itu beralamat di Jalan Baing, Kramat Jati, Jakarta Timur.

    "Oleh karena itu e-KTP ini menjadi penting mana kala ada hal-hal seperti ini bisa kita cocokkan," tutur dia.  

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id