12 Laboratorium Pendeteksi Mutasi Virus Baru Diperkuat

    Theofilus Ifan Sucipto - 12 Januari 2021 20:25 WIB
    12 Laboratorium Pendeteksi Mutasi Virus Baru Diperkuat
    Ilustrasi Medcom.id.
    Jakarta: Sebanyak 12 laboratorium dengan kemampuan genome sequencing diperkuat. Seluruh laboratorium berfungsi menjadi 'intel' guna mencegah masuknya mutasi virus baru ke Indonesia termasuk mutasi covid-19 dari Inggris, Sars-Cov-2-VUI2020-12/01.

    "Sehingga kita bisa mengidentifikasi secara dini kalau ternyata ada mutasi virus baru yang masuk," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa, 12 Januari 2021.

    Budi menyebut 12 laboratorium itu tersebar di Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, sejumlah perguruan tinggi, dan milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Menurut Budi, strategi memerangi covid-19 ibarat perang sungguhan hingga memerlukan intel.

    "Kita harus punya intelnya. 'Teroris' (covid-19) sudah masuk atau belum, kita tidak tahu sampai sekarang," papar dia.

    Budi menjelaskan ke-12 laboratorium mampu meneliti perkembangan virus. Tim peneliti bakal melihat apakah ada perubahan atau mutasi dari virus tersebut.

    "Secara rutin kita bisa melakukan genome sequencing dari beberapa titik kota yang banyak incoming passengers-nya," tutur dia.

    Baca: 200 Tenaga Kesehatan Disiapkan untuk Vaksinasi Covid-19 di Depok

    Sayangnya, kata Budi, selama ini laboratorium tersebut belum beroperasi secara maksimal. Sehingga dia bekerja sama dengan Menteri Riset dan Pendidikan (Menristek), Bambang Brodjonegoro.

    "Minggu lalu saya tanda tangan dengan Pak Bambang untuk memformalisasi jaringan laboratorium ini agar secara rutin kita bisa melakukan genome sequencing," terang mantan Wakil Menteri BUMN itu.

    Budi optimistis Indonesia lebih siap mengantisipasi masuknya mutasi virus baru ke Indonesia. Sehingga langkah pencegahan dan penanganan bisa disiapkan sejak dini dan meminimalisasi korban jiwa.

    "Kalau memiliki sistem intelijen secara dini, mudah-mudahan harusnya minggu ini kita bisa mengidentifikasi virus-virus yang masuk," kata Budi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id