Kenangan Manis Reza Rahadian Bersama Habibie - Medcom

    Kenangan Manis Reza Rahadian Bersama Habibie

    Candra Yuri Nuralam - 12 September 2019 13:34 WIB
    Kenangan Manis Reza Rahadian Bersama Habibie
    Peti jenazah Presiden ketiga BJ Habibie dibawa dari rumah duka menuju TMP Kalibata, Jaksel. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Aktor Reza Rahadian sangat kehilangan sosok Presiden ketiga Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie. Dia mengenang momen bersama Habibie ketika mengerjakan film Habibie dan Ainun.

    "Ya buat saya punya kesempatan memerankan dan mengenal langsung beliau sampai sekarang pasti berat. Saya cukup dekat dengan Eyang (Habibie) mulai dari proses membuat film," kata Reza di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

    Reza sering berdiskusi dengan Habibie terkait kehidupannya untuk mendalami peran. Momen yang diingatnya ialah ketika Habibie mengoreksi logak bicaranya dalam skenario berbahasa Jerman.

    "Saya ke rumah beliau jam 11 malam kita diskusi skenario bahasa Jerman. Ngobrol banyak dikoreksi kemudian yang enggak terlupakan bagaimana perhatian beliau," ujar Reza.

    Menurut dia, dalam berdiskusi, Habibie adalah orang yang sangat ramah. Bahkan, Reza merasa seperti berdiskusi dengan kakeknya sendiri saat berbincang dengan Menteri Negara Riset dan Teknologi ke-4 itu.

    Reza menilai pasangan pasangan Hasri Ainun Besari itu sebagai orang yang sangat gigih. Bahkan, sebagai anak muda, Reza kerap kalah dengan keuletan pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936, itu.

    Dia mengaku sempat kecapaian lantaran aktivitas syuting yang padat untuk pembuatan film Habibie dan Ainun. Saat itu, Habibie sendiri yang membawanya untuk berobat.

    "Saya ngotot (syuting). Eyang (Habibie) datang ke lokasi minta syuting dihentikan. Dia bawa saya ke mobil pribadinya untuk membawa saya ke rumah sakit. Ditungguin sampai masuk ke rawat inap," tutur Reza.

    Dia terharu dengan kepergian Habibie. Namun, dia mengatakan momen-momen Habibie tidak akan pernah hilang untuknya dan masyarakat. Pasalnya, kisah Habibie masih bisa dikenang melalui filmnya.

    Reza bersedia untuk kembali menghidupkan sosok Habibie dalam sebuah film suatu hari nanti. Menurut dia, hal itu adalah sebuah kebanggaan.

    "Kalau Eyang sudah enggak ada, orang akan mengenang Eyang (Habibie) dan Eyang putri (Ainun) lewat film sebagai salah satu medium mengenang," ucap Reza.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id