comscore

Menkes: Satu Orang Suspek Cacar Monyet Warga Pati Jateng

Kautsar Widya Prabowo - 04 Agustus 2022 15:11 WIB
Menkes: Satu Orang Suspek Cacar Monyet Warga Pati Jateng
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Istimewa
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut satu orang yang masuk ketegori suspek cacar monyet merupakan warga Pati, Jawa Tengah. Saat ini, pasien tersebut tengah menjalani isolasi di rumah sakit di daerah setempat. 

"Dia tanggal 19 Juli ada gejala demam, 21 Juli kemudian dibawa ke rumah sakit, 23 Juli timbul bintik-bintiknya," ujar Budi di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Agustus 2022. 
Pihaknya belum dapat memastikan apakah orang tersebut positif terjangkit cacar monyet. Sebab, proses menentukan urutan DNA atau genome sequencing tengah dilakukan.

"Itu sudah diambil spesimen di tanggal 29 juli. Sekarang sedang di-genome sequencing di kita di Kementerian Kesehatan," jelas dia. 

Budi juga menyebut terdapat sembilan orang yang sebelumnya masuk kategori supek dari beberapa wilayah. Namun, seluruhnya dipastikan tidak terjangkit virus yang berasal dari Afrika itu. 

Baca: Kenali Beda Penularan Cacar Monyet dan Cacar Air


Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah memastikan seorang warga suspek penyakit cacar monyet. Kini, pasien yang masih dirahasiakan identitasnya itu sedang menjalani isolasi di sebuah rumah sakit yang ada di Pantura dan dipantau secara intensif.

“Ada temuan bahwa satu warga berstatus suspek cacar monyet dengan kondisi tubuh yang dipenuhi cacar dari kepala sampai kaki,” ungkap Kepala Dinkes Jateng Yunita Dyah Suminar, Rabu, 3 Agustus 2022.

Satu pasien suspek tersebut, diketahui memiliki riwayat perjalanan jauh bahkan kontak erat dengan orang yang terkena cacar monyet. Karena alasan inilah, pasien harus diisolasi dan terus dipantau kondisinya.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id