Simak Aturan Lengkap Pelaku Perjalanan dari Luar Negeri

    Cindy - 14 September 2021 10:30 WIB
    Simak Aturan Lengkap Pelaku Perjalanan dari Luar Negeri
    Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Medcom.id/Hendrik



    Jakarta: Pemerintah memperketat perjalanan internasional dari luar negeri dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa-Bali hingga 20 September 2021. Aturan ini guna mengantisipasi penyebaran dan mutasi covid-19. 

    Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pendatang dari luar negeri wajib sudah divaksinasi dosis lengkap covid-19. Mereka juga wajib mengikuti tes swab polymerase chain reaction (PCR) hingga tiga kali. 

     



    "Pelaku perjalanan internasional dari luar negeri juga melakukan karantina selama 8 hari," kata Luhut dalam konferensi pers perkembangan PPKM secara virtual, Senin, 13 September 2021.

    Luhut menuturkan tes swab PCR dilakukan sebelum pelaku perjalanan bertolak ke Indonesia. Kemudian, tes swab setelah tiba di Indonesia dan ketika selesai masa karantina.

    Baca: Tak Ingin Ada Gelombang Susulan, Jokowi Tak akan Akhiri PPKM

    Pelaku perjalanan yang dinyatakan negatif covid-19 dari hasil tes PCR setelah menjalani masa karantina baru diperbolehkan menuju tempat tujuannya masing-masing. Selain itu, pemerintah juga akan membatasi pintu masuk kedatangan internasional. 

    "Pengawasan masih dari udara hanya dari Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta), Manado (Bandara Sam Ratulangi). Sedangkan Bali sedang kami pertimbangkan bisa jalan, kami lihat 1-2 minggu ke depan," ujar Luhut. 

    Kebijakan pengetatan perjalanan dari luar negeri ditempuh untuk memudahkan pengawasan dan mencegah penyebaran covid-19. Pemerintah tak akan bosan mengingatkan masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan. 

    "Saya tidak pernah bosan dan ragu mengajak agar kita semua terus memanjatkan doa sekaligus berupaya untuk tidak lengkah dalam penerapan protokol kesehatan," kata Luhut. 

    (CIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id