Kedisiplinan Masyarakat Memakai Masker Menurun

    Atalya Puspa - 18 September 2021 18:57 WIB
    Kedisiplinan Masyarakat Memakai Masker Menurun
    Ilustrasi masker. Medcom.id



    Jakarta: Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat penurunan kedisiplinan memakai masker di masyarakat. Masyarakat diminta tetap berhati-hati di tengah penurunan kasus covid-19.

    Penurunan tertinggi terjadi di Jakarta dari 95 persen ke 90 persen, Jawa Barat turun dari hampir 92 persen ke 89,5 persen, dan Jawa Tengah turun dari 89 persen ke 86,5 persen. Kemudian Daerah Istimewa Yogyakarta turun dari 93,6 persen ke 91,6 persen dan Jawa Timur turun dari 94 persen ke 91,4 persen.

     



    “Jadi, kita harus tetap hati-hati, tetap pakai masker, dan jangan lupa segera vaksinasi,” kata Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro dalam keterangan resmi, Sabtu, 18 September 2021.

    Masyarakat juga diminta tetap berikhtiar dengan memakai masker secara benar hingga menutupi bagian hidung dan mulut. Mulai dari batang hidung sampai ke ujung dagu sesuai anjuran Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku.

    Apabila dengan hanya satu masker masih terlihat ruang atau celah besar, masyarakat diminta menggunakan masker ganda. “Selain meningkatkan filtrasi, masker kain yang dipakai melapisi masker medis berfungsi mempererat masker agar menempel sesuai bentuk wajah kita masing-masing,” jelas Reisa.

    Dia juga mengajak warga di wilayah pemberlakuan penerapan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2, seperti di Kabupaten Serang, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Garut membiasakan budaya menggunakan fasilitas cuci tangan yang tersebar hampir di seluruh pelosok kota dan kabupaten. Reisa menyebut tempat cuci tangan di tempat umum bukan hiasan, dekorasi, atau ornamen ruang publik.

    "Melainkan untuk memastikan kita dapat membunuh virus dan kuman lainnya di tangan kita, setiap saat dan sesering mungkin. Dengan demikian, penularan dapat ditekan semaksimal mungkin,” tegas dia.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id