Terawan Berkantor di Natuna Selama Dua Minggu

    Kautsar Widya Prabowo - 03 Februari 2020 22:53 WIB
    Terawan Berkantor di Natuna Selama Dua Minggu
    Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bakal berkantor di Natuna, Kepulaun Riau (Kepri), selama dua minggu. Waktu tersebut sesuai dengan masa karantina 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok.

    Terawan menyebut keputusan tersebut diambil untuk memastikan seluruh peserta karantina dalam keadaan baik. Hal ini juga untuk menunjukkan bagi masyarakat setempat bila keadaan Natuna tidak membahayakan. 

    "Tanggung jawab saya sebagai menteri kesehatan mulai dari penyiapan sampai kedatangan saya ada di sana," kata Terawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Februari 2020. 

    Dengan berkantor di Natuna, Terawan dapat mengetahui secara pasti kondisi terkini WNI yang diobservasi. Data terbaru pun akan selalu disampaikan ke DPR. 

    "Saya harus memberikan penjelasan (virus korona) ke DPR ini secara tuntas," tutur dia.

    Istana Kepresidenan mengatakan proses evakuasi dan transit observasi dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2019. Proses ini di bawah koordinasi Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan serta Kementerian Koordinator bidang Pembangunan manusia Man Kebudayaan. 

    Sementara itu, pemerintah sedianya hendak memulangkan 245 WNI yang berada di Wuhan, titik awal kemunculan virus korona. Namun, empat WNI tidak bersedia pulang, dan tiga lainnya tidak lolos screening pemerintah Tiongkok.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id