Tarif Promo Ojek Daring Diperketat

    Theofilus Ifan Sucipto - 25 Maret 2019 16:32 WIB
    Tarif Promo Ojek Daring Diperketat
    Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyebut aplikator ojek daring masih diperbolehkan membuat harga promo. Namun, ada syarat yang harus diikuti. 

    "Silakan ada diskon, tapi yang diterima oleh pengemudi harus sesuai dengan yang diatur Kemenhub," kata Budi di kantornya, Senin, 25 Maret 2019.

    Kemenhub telah mengumumkan tarif resmi ojek daring terbaru. Penentuan tarif ditentukan berdasarkan tiga zona: zona pertama adalah Sumatera, Jawa, dan Bali, zona kedua meliputi Jabodetabek, dan zona ketiga mencakup Kalimantan dan Sulawesi.

    Tarif meliputi biaya jasa minimal, yaitu biaya yang dibayarkan penumpang untuk jarak tempuh paling jauh empat kilometer. Selain itu, adapula biaya jasa batas bawah dan atas adalah biaya minimum dan maksimum yang dikenakan pada penumpang per satu kilometer selanjutnya.

    (Baca juga: Aplikator Ojek Daring Diminta Tidak Serakah)

    Untuk zona I, biaya jasa minimal berkisar antara Rp7.000 sampai Rp10.000. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp1.850 dan biaya jasa batas atas Rp2.300.
     
    Untuk zona II, biaya jasa minimal sebesar Rp8.000 sampai Rp10.000. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.000 dan biaya jasa batas atas sebesar Rp2.500.
     
    "Artinya pengemudi di Jakarta harus tetap minimal mendapat Rp8.000 dari biaya jasa minimal dan Rp2.000 dari biaya jasa batas bawah," tutur Budi.

    Sementara itu, untuk zona III, biaya jasa minimal adalah Rp7.000 sampai Rp10.000. Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.100 dan biaya jasa batas atas sebesar Rp2.600.

    Rencananya tarif ini bakal diberlakukan saat Hari Buruh. "Surat Keputusan Kemenhub akan berlaku 1 Mei 2019," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di kantornya, Senin, 25 Maret 2019.
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id