Tim Temukan Jasad Korban di Lokasi CVR - Medcom

    Tim Temukan Jasad Korban di Lokasi CVR

    Dian Ihsan Siregar - 14 Januari 2019 19:00 WIB
    Tim Temukan Jasad Korban di Lokasi CVR
    Alat perekam suara kokpit (CVR) pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Foto: Istimewa.
    Jakarta: Tim penyelam tidak hanya menemukan alat perekam suara atau Cockpit Voice Recorder (CVR) milik pesawat Lion Air PK-LQP, namun juga menemukan jasad para korban.

    Pernyataan itu disampaikan oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro dalam jumpa pers di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

    "Selama proses pengangkatan CVR, untuk human remains tetap kita angkat semampu yang kita punya. Kita dapat 7 kg. Itu sudah dibungkus," jelas dia.

    Menurut Harjo, tubuh itu akan diberikan kepada pihak berwenang agar bisa langsung diidentifikasi. Setelah teridentifikasi, maka akan diberikan kepada keluarga korban. 

    Harjo mengaku, semua tubuh langsung diberikan oleh Koarmada I ke perwakilan maskapai Lion Air. "Untuk mendeteksi tulang siapa, nanti akan diserahkan ke pihak yang punya kemampuan mengindentifikasi kita hanya mampu mengambil apa yang kita lihat," sebut dia. 

    Adapun CVR ditemukan pada posisi koordinat 05 48 46,503 S - 107 07 36,728T di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengerahkan KRI Spica-934 yang diberangkatkan dari Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa, 8 Januari 2019.

    Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, penemuan CVR dilakukan oleh 18 orang dari tim penyelam dari Dislambair Koarmada I dan 3 orang dari Kopaska. Mereka menggunakan kapal KRI Spica-934.

    "Pada saat menyelam, penyelam atas nama Serda Ttg Satria Margono berhasil menemukan CVR," jelas dia.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id