Hakim PN Jakarta Pusat Bersidang Menggunakan Masker

    Fachri Audhia Hafiez - 17 Maret 2020 14:28 WIB
    Hakim PN Jakarta Pusat Bersidang Menggunakan Masker
    Hakim memakai masker saat sidang gugatan class action banjir DKI Jakarta awal tahun 2020. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggunakan masker saat sidang gugatan kelompok atau class action banjir di DKI Jakarta pada awal 2020. Penggunaan masker diduga untuk mencegah penularan virus korona (covid-19) yang tengah mewabah di Indonesia.

    Pantauan Medcom.id, hakim yang menyidangkan gugatan ini ialah Panji Surono selaku ketua majelis hakim, serta dua hakim anggota Rosmina dan Saifudin Zuhri. Ketiganya kompak memakai masker bewarna hijau.

    Pengunjung yang memasuki area Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pun harus menjalani cek suhu tubuh menggunakan thermometer gun. Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Pusat juga menyediakan hand sanitizer untuk pengunjung.

    Baca: Penggugat Banjir Jakarta Klaim Rugi Rp60,9 Miliar

    Sebanyak 312 yang merupakan korban banjir berasal dari lima wilayah administrasi DKI Jakarta sebelumnya menggugat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dari Jakarta Barat, ada 150 orang penggugat, Jakarta Selatan 45 orang, Jakarta Utara 21 orang, Jakarta Pusat 9 orang, dan Jakarta Timur 87 orang.

    Para penggugat diwakili satu orang per wilayah administrasi. Total kerugian yang mereka alami diklaim sebanyak Rp60,9 miliar.

    Gugatan banjir Jakarta dilayangkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena dianggap lalai dalam penanganan bencana yang mengakibatkan kerugian masyarakat. Gugatan Nomor 27/Pdt.GS/ClassAction/2020/PN.Jkt.Pst. itu fokus pada dua materi pokok.

    Pertama, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta digugat lantaran tidak menyiapkan early warning system (EWS) terhadap bencana banjir yang dialami warga Jakarta. Kedua, mengenai tidak adanya sistem bantuan darurat.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id