RSPI Sulianti Saroso Pastikan Tenaga Medis Tak Tertular Korona

    Yurike Budiman - 20 Maret 2020 19:19 WIB
    RSPI Sulianti Saroso Pastikan Tenaga Medis Tak Tertular Korona
    Ilustrasi ruang isolasi khusus. Antara/Adeng Bustomi
    Jakarta: Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Mohammad Syahril menegaskan virus korona (covid-19) bisa menular ke siapa pun dan di mana pun. Namun, dia menjamin tenaga medis yang menangani pasien terinfeksi tak tertular.

    "Seluruh rumah sakit termasuk di RSPI ini, sudah punya SOP (standar operasi prosedur). Jadi menangani pasien itu agar aman, selamat, tidak tertular, pakailah ini (alat pelindung diri atau APD)," kata Syahril, di RSPI Sulianti Saroso, Jumat, 20 Maret 2020.

    Ada tata cara yang diikuti para tenaga medis sebelum, selama, dan sesudah merawat pasien korona. Mulai memakai masker khusus, sarung tangan, hingga memakai baju khusus yang terlindung sampai sepatu.

    Tak hanya dilengkapi alat pelindung diri (APD) memadai, tim medis RSPI Sulianti Saroso juga mendapat bantuan dari berbagai pihak berupa suplemen dan makanan. Daya tahan tubuh tim medis perlu dijaga agar tidak mudah terjangkit.

    Baca: Pemerintah Pakai Anggaran Kementerian Rp62,3 Triliun Beli Alat Medis

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien korona. Ia juga meminta jajarannya memastikan APD selalu tersedia.

    "Berikan insentif bagi para dokter, perawat dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan Covid-19," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas lewat video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id