Daerah Belum Terpapar Korona Harus Siaga

    Anggi Tondi Martaon - 22 Maret 2020 12:01 WIB
    Daerah Belum Terpapar Korona Harus Siaga
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Daerah yang belum terpapar virus korona (covid-19) diminta siaga. Langkah antisipasi harus dipersiapkan agar penyebaran covid-19 bisa ditanggulangi.

    "Daerah yang merasa belum ada kasus diharapkan tidak tinggal diam, tapi segera menyusun rencana aksi," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo di Wisma Atlet, Jalan HBR Motik, Kemayoran, Jakarta, Minggu, 22 Maret 2020.

    Perwira tinggi TNI Angkatan Darat itu menyebutkankan pemerintah pusat akan memberikan dukungan ke daerah. Dengan begitu, antisipasi yang dijalankan mampu melindungi masyarakat

    "Kami akan bekerja sama dengan baik sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan aksi kemanusiaan menghadapi covid bisa kita lakukan dengan baik, kompak," ungkap dia.

    Selain itu, dia berharap partisipasi publik melalui operasi kemanusiaan berbasis komunitas semakin bertambah. Peran relawan sangat dibutuhkan pemerintah menghadapi wabah korona.

    "Kami yakin segenap bangsa kita bisa bergotong royong, saling bahu membahu, saling menolong," ujar Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona itu.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona sebagai pandemi global. Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, medio November 2019.
     
    Daerah Belum Terpapar Korona Harus Siaga
    Grafis Medcom.id

    Baca: Pengawasan Orang Tanpa Gejala Korona Penting

    Per Jumat, 20 Maret 2020, WHO mencatat ada 266.073 kasus positif korona di seluruh dunia. Sebanyak 32.000 kasus di antaranya merupakan pasien baru.

    Virus dengan gejala flu, demam, dan sesak napas ini telah menyebabkan 11.184 kematian. Angka kematian naik 1.344 dalam sehari.

    Sementara itu, jumlah orang yang tertular virus korona di Indonesia per Sabtu, 21 Maret 2020, mencapai 450 pasien. Sebanyak 38 pasien meninggal, sedangkan 20 orang berhasil sembuh.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id