comscore

Pemerintah Ajak Seluruh Pihak Menyerukan Pentingnya Booster Sebelum Mudik

M Iqbal Al Machmudi - 08 April 2022 19:59 WIB
Pemerintah Ajak Seluruh Pihak Menyerukan Pentingnya <i>Booster</i> Sebelum Mudik
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito berharap seluruh pihak terus menyuarakan pentingnya vaksinasi booster sebelum mudik. Edukasi terkait booster sebagai syarat perjalanan mudik menjadi strategi utama pemerintah mendorong peningkatan jumlah penerima vaksin dosis penguat.

"Maka solusinya media harus ikut memberitakan berulang kepada publik tentang syarat perjalanan dalam negeri, seperti yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 16 Tahun 2022," kata Wiku saat dihubungi, Jumat, 8 April 2022.
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi juga menekankan pentingnya edukasi terhadap masyarakat agar segera melakukan vaksinasi lengkap dan booster. Pemerintah juga mengimbau kepada pejabat desa/kelurahan hingga RT/RW mendata riwayat vaksinasi pemudik yang datang.

"Pemda melalui satgas di desa untuk memastikan pendatang sudah mendapatkan booster untuk keamanan bersama," ujar Nadia.

Baca: Jelang Mudik, DKI Segera Gelar Vaksinasi di Terminal dan Stasiun

Nadia menekankan pemudik segera melakukan vaksinasi lengkap ditambah booster sebelum melakukan perjalanan mudik. Vaksinasi booster memiliki proteksi yang lebih tinggi untuk imunitas setiap individu dan kelompok rentan.

"Saat kita akan melakukan mudik tentunya dengan mobilitas yang akan menyebabkan risiko penularan meningkat maka penting kita memiliki proteksi yang terbaik, dan booster akan meningkatkan proteksi imunitas kita," kata Nadia.

Terkait dengan varian anyar yakni Omicron XE, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih merekomendasikan vaksinasi untuk mencegah penularan vairan tersebut. Rekomendasi jenis vaksin juga belum ada yang berubah.

"Sehingga tentunya proteksi yang tinggi dan kekebalan bersama ini yang akan secara efektif menghadapi varian XE tersebut," ungkap Nadia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id