Cerita Sulitnya Tim Penyelam Cari Kotak Hitam Sriwijaya SJ 182

    Rendy Renuki H - 13 Januari 2021 18:11 WIB
    Cerita Sulitnya Tim Penyelam Cari Kotak Hitam Sriwijaya SJ 182
    Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang berhasil ditemukan, Selasa (12/1) (AFP Photo/Adek Berry)
    Jakarta: Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 akhirnya berhasil ditemukan, Selasa 12 Januari 2021. Tim penyelam elite TNI AL menjadi salah satu yang berjasa menemukan alat penting untuk investigasi kecelakaan pesawat yang terjadi Sabtu 9 Januari 2021.

    Namun siapa sangka, dibalik keberhasilan penemuan kotak hitam, tersimpan sebuah cerita. Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada I Kolonel Laut (T) Wahyudin Arif mengatakan sulitnya proses pencarian.

    "Di dalam air itu banyak sekali puing-puing saling bertumpukan dan berserakan. Kami di situ mulai mengurai satu demi satu dengan teliti," kata Arif di Instagram @koarmada_1, kemarin.

    Terbukti, sebelum ditemukan pukul 16.40 WIB, tim penyelam sudah beberapa jam melakukan pencarian. Meski sinyal dari alat pemancar bawah air (ULB) telah terbaca tim penyelam sejak pukul 11.00 WIB.

    "Jadi pada saat itu FDR belum ditemukan. Pada saat jam terakhir, kami menyelam sejak pukul tiga (sore). Alhamdulillah berhasil menemukan black box itu di detik-detik terakhir," sambungnya.

    Walau telah ditemukan, kotak hitam Sriwijaya Air SJ 182 masih belum sepenuhnya lengkap. Saat ini baru komponen flight data recorder (FDR) yang baru ditemukan.

    Komponen lain yakni cockpit voice recorder (CVR) masih dalam proses pencarian. Bahkan saat ini proses pencarian CVR telah dipercepat.

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id