DKI Sumbang Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi Selama Tiga Pekan

    Nur Azizah - 24 November 2020 19:00 WIB
    DKI Sumbang Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi Selama Tiga Pekan
    Ilustrasi DKI Jakarta. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
    Jakarta: Total kasus aktif virus korona (covid-19) di tingkat nasional menjadi 64.878 kasus. Jumlah kasus aktif naik 3,9 persen dalam sepekan terakhir.

    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan penyumbang kasus aktif terbesar ialah DKI Jakarta. Berdasarkan data Satgas, DKI menjadi provinsi dengan kasus aktif terbanyak selama tiga pekan berturut-turut.

    "Pekan ini kasus di DKI naik 1.937 kasus dari 6.600 menjadi 8.537 kasus," kata Wiku di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 November 2020.

    Baca: Satgas: Ketersediaan Tempat Tidur Pasien di Pulau Jawa Menipis

    Wiku meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih tegas dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia tak mau upaya pemerintah dalam menekan kasus selama delapan bulan sia-sia.

    "Saya mohon kepada Gubernur DKI dengan aparat penegak hukum untuk melakukan penindakan bagi pelanggaran protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegas Wiku.

    Ia menyarankan DKI meningkatkan pemeriksaan covid-19 terutama bagi warga dengan riwayat perjalanan. Selain DKI, provinsi yang ikut menyumbang kasus aktif terbanyak yakni Riau yang naik 1.166 kasus.

    "Pada pekan sebelumnya kasus positif di Riau 867, pekan ini menjadi 2.033 kasus. Kemudian, Jawa Timur naik 736 dari 1.666 menjadi 2.392 kasus," ungkap Wiku.

    Sementara itu, DI Yogyakarta naik 338 kasus dari 281 menjadi 619 kasus di pekan ini. Lalu, Sulawesi Tengah naik 245 kasus dari 111 menjadi 356 kasus.

    "Saya mohon perhatian dengan sangat untuk pemda (pemerintah daerah) kelima provinsi ini untuk mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi peningkatan kasus karena ini sudah sangat serius," ujar dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id