Indonesia Dilanda 3.253 Bencana Alam dalam Setahun

    Nur Azizah - 03 Maret 2021 14:42 WIB
    Indonesia Dilanda 3.253 Bencana Alam dalam Setahun
    Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut Indonesia dilanda 3.253 bencana alam dalam kurun waktu Februari 2020 hingga Februari 2021. Bencana yang dihadapi meliputi gempa, tsunami, erupsi, gunung berapi, banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. 

    "Artinya setiap hari ada sembilan kali kejadian bencana kami hadapi," kata Doni dalam Rapat Koordinasi Nasional BNPB di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Maret 2021.






    Menurut dia, setiap kejadian bencana kerap diikuti dengan kehilangan harta benda dan korban jiwa. Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mencatat kerugian akibat bencana mencapai Rp22,8 triliun. 

    Baca: Pelajaran Penting Gempa Sulawesi Barat Versi Pakar ITB

    "Ini angka yang sangat besar. Belum lagi jika melihat statistik korban jiwa akibat bencana dalam 10 tahun terakhir," ujar dia. 

    Dalam 10 tahun terakhir, 1.183 jiwa meninggal akibat bencana alam. Bank Dunia menyebutkan Indonesia salah satu dari 35 negara dengan tingkat risiko ancaman bencana paling tinggi di dunia. 

    "Pemerintah tentu tidak tinggal diam. Bapak Presiden (Joko Widodo) telah memberikan arahan pada Rakornas Penanggulangan Bencana tanggal 4 Februari 2020 lalu di Sentul bahwa seluruh instansi pemerintah, TNI dan Polri, dan pemerintah daerah harus bersinergi untuk melakukan berbagai upaya pencegahan," tutur Doni. 

    Doni menegaskan mitigasi dan kesiapsiagaan bisa mengurangi risiko bencana. Pelibatan pakar untuk memprediksi ancaman juga penting untuk memperkuat sistem peringatan dini dan edukasi. 

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id