Kapasitas Laboratorium di Daerah Terus Ditingkatkan

    Media Indonesia - 10 Oktober 2020 06:50 WIB
    Kapasitas Laboratorium di Daerah Terus Ditingkatkan
    Kepala BNPB Doni Monardo. Dok. BNPB
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut pemerintah terus meningkatkan kapasitas uji spesimen virus korona untuk mendeteksi penyebaran pandemi. Pemerintah terus menyalurkan mesin tes polymerase chain reaction (PCR) hingga membagikan reagen ke daerah untuk meningkatkan kapasitas laboratorium.

    Indonesia awalnya hanya memiliki laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan untuk menguji sampel pasien covid-19. Kini, Indonesia telah memiliki ratusan laboratorium yang telah beroperasi.

    “Sekarang ini sudah ada 374 laboratorium. Suatu angka yang sangat besar,” kata Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo di  Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.

    Kemampuan tes per hari yang semula per hari 2.000 terus ditingkatkan. Penyaluran alat tes dan reagen meningkatkan kapasitas tes covid-19 di Indonesia rata-rata di atas 35.000 per hari.

    Namun, Doni mengakui capaian uji spesimen itu belum merata di seluruh Indonesia. Hal ini menjadi pekerjaan rumah Satgas Covid-19.

    "Sudah ada yang meningkat. Jakarta termasuk yang cukup tinggi angka pemeriksaan spesimennya. Nah, kita terus bergerak untuk bisa merata ke seluruh wilayah Indonesia,” pungkas Doni.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id