comscore

Covid-19 di Eropa Melonjak Lagi, Biasanya Indonesia Mengikuti 4 Bulan Berselang

MetroTV - 15 November 2021 09:45 WIB
Covid-19 di Eropa Melonjak Lagi, Biasanya Indonesia Mengikuti 4 Bulan Berselang
Tangkapan layar Metro TV
Jakarta: Gelombang lonjakan kasus covid-19 sedang melanda Eropa. Indonesia diminta untuk mewaspadai gelombang baru covid-19 dalam tiga hingga empat bulan ke depan.

Pakar Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, menyatakan cakupan vaksinasi eropa yang sudah melebihi 60 persen tidak menjamin terhindar dari infeksi covid-19. Dalam lima minggu terakhir, Eropa sudah memimpin penambahan kasus covid-19 dunia. Beberapa negara di Eropa bahkan sudah menyiapkan mekanisme lockdown.
"Tentu ini harus menjadi pesan penting Indonesia. Kita tidak bisa menganggap tidak akan ada gelombang berikutnya di Indonesia," kata Dicky dalam tayangan Metro Pagi Primetime, Metro TV, Senin, 15 November 2021.

Baca: Jerman Catat 50.195 Kasus Baru Covid-19

Belajar dari kasus sebelumnya, Dicky mengatakan kasus lonjakan covid-19 di Eropa selalu terjadi tiga hingga empat bulan lebih awal dari Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah diminta untuk mengantisipasi gelombang ketiga covid-19 dengan menyiapkan strategi penanganan menggunakan skenario terburuk.

Selain itu, upaya mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi (5M) harus tetap dilakukan. Pemerintah juga diminta memperbanyak testing, tracing, dan treatment (3T). Terakhir, memperkuat penjagaan di pintu masuk ke Indonesia. (Raja Alif Adhi Budoyo)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id